03 Mei 2010

Mengubah Domain Blog

kamu suka ngeblog??terutama blogspot. tapi merasa domain kamu yg misal: www.namadomain.blogspot.com terlalu panjang??

sekarang saya akan memberikan tutorial cara mengubah domainnya. semoga kamu2 yg memiliki blog2 Anime /artikel blog lain bisa terbantu dengan tutorial ini.

Situs www.co.cc adalah layanan penyedia nama domain gratisan, yang dapat anda gunakan untuk mengubah domain situs atau blog anda saat ini menjadi domain baru dengan format www.domainbaru.co.cc.

Keistimewaan nama domain gratis yang ditawarkan co.cc adalah, dia tidak sekadar menawarkan fitur URL forwarding, tetapi juga fitur untuk men-setup DNS Records, A, MX, dan CNAME Records.

Dengan domain gratis dari co.cc, URL standar blog anda di Blogger dapat anda ubah dari format standar Blogger: namablog.blogspot.com menjadi www.namablog.co.cc. Lebih ringkas dan sedap dipandang, juga dilihat dari sisi SEO (Search Engine Optimization), URL semacam itu lebih SEO-friendly, alias lebih mudah dikenali oleh mesin pencari seperti Google.

Catatan: Bagi yang punya blog yang sudah well-established (sudah lama ada dan telah terindeks dengan baik di Google) sebaiknya pikir-pikir lagi untuk mengubahnya ke Co.cc, karena akan membutuhkan waktu lama bagi blog anda untuk di-reindeks oleh Google dengan alamat baru. Memang, Blogger akan secara otomatis me-redirect alamat lama ke alamat baru anda, tetapi risiko yang dikhawatirkan adalah Google menganggap URL baru anda di Co.cc sebagai konten duplikat atau bajakan, dan dengan alasan tersebut memasukkan blog anda ke supplemental result. Jika sudah begini, jangan harap blog anda masuk di hasil pencarian utama Google.

Untuk mengubah domain standar namablog.blogspot.com menjadi www.namablog.co.cc, berikut langkah-langkah yang mesti anda lakukan:

1. Buka situs web www.co.cc
2. Cek ketersediaan domain yag anda inginkan pada search box yang tersedia
3. Jika domain yang anda inginkan tersedia, register/sign up-lah terlebih dahulu sebelum anda dapat melakukan setting ini dan itu terhadap domain yang anda daftarkan. Jika domain yang anda inginkan tidak tersedia, carilah alternatif nama domain lain.
4. Setelah identitas anda terdaftar pada co.cc, kini anda dapat melakukan proses setup domain. Klik pada tab Setup --> Manage Domain.


Anda akan melihat tiga fitur pengaturan, yakni Manage DNS, Zone Record, dan URL Forwarding.

Manage DNS

Lewatkan/biarkan saja saja modus pengaturan fitur ini

Zone Record


1. Isi kolom yang tersedia dengan data-data berikut:

- Host : www.domainkamu.co.cc (domain yang baru anda buat di co.cc)
- TTL : 1 D
- Type : CNAME
- Value : ghs.google.com

2. Klik "Set up"

URL Forwarding


1. Isi kolom yang tersedia dengan data-data berikut:

- Redirect to (URL) : www.namablog.blogspot.com (Isi dengan URL/alamat blog asal anda di Blogger, BUKAN URL Co.cc yang baru anda buat - kekeliruan sering terjadi di sini, yang menyebabkan blog anda malah jadi tidak dapat dibuka sama sekali)
- Page Title : Judul Blog anda
- Frame : URL Hiding
- Description: terserah anda
- Keyword: terserah anda

2. Klik "Set up"

Pengaturan di co.cc selesai. URL baru anda di co.cc membutuhkan waktu sejenak untuk mulai aktif (beberapa jam).

Kini saatnya anda mengubah pengaturan di akun Blogger anda.

1. Login ke akun Blogger anda, lalu klik Setting --> Publishing
2. Pilih (klik) Switch to: .Custom Domain
3. Klik pada Already own a domain? switch to Advanced Settings
4. Isi kolom Your Domain dengan domain baru yang anda buat di co.cc, yakni www.domainkamu.co.cc
5. Klik "Save Settings"

Anda harus menunggu proses aktivasi dari pihak co.cc sebelum dapat melihat perubahan yang terjadi pada URL blog anda. Selama menunggu proses aktivasi domain tersebut, blog anda tidak dapat diakses. Tidak lama kok. paling lama 48 jam. Ditinggal tidur saja.

Berikut adalah contoh blog eksperimental saya di Blogger yang telah mengalami pengubahan domain dari subdomain standar Blogger ke domain baru di co.cc:

http://www.akbhome.co.cc

Perlu diingat, setelah mendaftarkan nama domain co.cc, sebaiknya langsung melakukan setting/pengaturan seperti di atas, karena apabila dalam tempo 48 jam (dua hari) tidak dilakukan pengaturan, maka domain baru yang anda buat di co.cc akan "hangus" (dinonaktifkan secara otomatis), dan anda mesti harus membuat/mencari lagi domain baru yang lain.

resensi:
detik.com/forum
maulana jodi

jika sekiranya membantu tolong di share ke teman2 kamu.
arigato gozaimasu

4 komentar:

Fenomena Alam mengatakan...

wah tertarik juga nih,tapi yang bikin ragu ya itu...mbah gugel musti mengindexs ulang ya sob? btw thanks infonya

[AML]-Yusof mengatakan...

iyaa...
^^
kan klo dh gnti jd lbh irit website na..
^^

masama sob..

archv3nture mengatakan...

piki-piki dulu ah..sayang ni bakal kehilangan page ranknya ...mulai dari awal lg ni...thx infonya bermanfaat

[AML]-Yusof mengatakan...

hehehehehehehe
iya ci...
klo mau mank hrus dri awal bkin blog...
^^

yupz...

masama...
^^

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates